Thucydides dan Perspektif Realisme

    

        Realisme dalam hubungan internasional mungkin baru dikenal sejak pecahnya Perang Dunia ke-II. Namun, jauh sebelum studi HI hadir, perspektif realisme sudah lebih dulu hadir dan menjadi dasar pemikiran beberapa filsuf, salah satunya adalah Thucydides (460 SM - 400 SM). Pemikiran Thucydides mengenai realisme tertulis di karyanya yang berjudul 'The Pelopponesian War' yang mendokumentasikan perang 38 tahun Athena dan Sparta. 

    Realisme sendiri adalah perspektif yang mengedepankan kekuatan militer. Menurut Thucydides, perang Athena dan sparta dipicu atas kekhawatiran berlebihan Sparta oleh kekuatan militer Athena. Thucydides menganggap bahwa yang menyebabkan peperangan sulit dicegah adalah peningkatan kekuatan militer Athena yang menyebabkan ancaman bagi Sparta, sehingga memunculkan sikap permusuhan dan berujung peperangan (Viotti & Kaupi, 1999). 

    Ketiadaan perimbangan antara Athena dan Sparta telah memicu terjadinya Perang Pelopponesia yang melibatkan banyak kota-kota di Yunani (Hadiwinata, 2017). Berdasarkan pemikiran Thucydides inilah menimbulkan asumsi bahwa ketiadaan perimbangan kekuatan militer dapat melahirkan peperangan.

    Thucydides menggunakan perang untuk menunjukan bagaimana logika politik kekuasaan (pemburuan kekuasaan dan kepenfingan nasional) lebih membubuhi hubungan dan konflik antar negara daripada kerjasama atau tindakan yang lebih bermoral (Steans & Pettiford, 2001). Pemikiran Thucydides ini adalah menjadi dasar dari perspektif realisme yang kita kenal saat Perang Dunia ke-II. Thucydides menekankan bahwa faktor utama terjadinya peperangan adalah kekuatan militer dan menekankan betapa pentingnya perimbangan kekuatan atau Balance of Power yang berpengaruh terhadap perdamaian antarnegara.



Baca juga: Balance of Power: Dalam Pandangan Realisme dan Neorealisme 

____________________
Source: 
Hadiwinata, B. S. (2017). Studi dan TeoriHubungan Internasional:Arus Utama, Alternatif, dan Reflektivis. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor.
Paul R. Viotti., Mark V. Kauppi. (1999). International Relations Theory: Realism, Pluralism, Globalism; and Beyond. Boston: Allyn and Bacon. 
Steans, Jill., Lloyd Pettiford. (2001). International Relations: Perpectives and Themes. Longman.