Apa itu Sistem Politik?

 

    Politik adalah tentang kekuasaan, di mana kekuasaan itu menjadi sebuah usaha dalam menyusun peraturan (perundang-undangan) untuk membawa kesejahteraan bagi rakyat. Miriam Budiarjo menyebutkan bahwa politik merupakan sebuah usaha untuk menentukan peraturan-peraturan yang dapat diterima baik oleh sebagian besar masyarakat, untuk membawa masyarakat mencapai kehidupan yang baik (Budiarjo, 1972). Dalam menjalankan sebuah ‘politik’, setiap negara membutuhkan sebuah ‘sistem’ untuk mencapai kepentingan umum negara tersebut.

    Lalu, apa itu sistem? Mari kita lihat pengertian sistem oleh dua peneliti berikut. Menurut Campbell (1979:3), ‘sistem’ merupakan himpunan komponen atau bagian yang saling berkaitan untuk mencapai tujuan. Menurut Awad (1979:4), ‘sistem’ merupakan sehimpunan komponen atau sub sistem yang terorganisir dan berkaitan sesuai dengan rencana untuk mencapai tujuan tertentu. 

    Dari dua pengertian di atas, dapat ditarik sebuah inti bahwa ‘sistem’ merupakan komponen-komponen yang saling berhubungan untuk mencapai sebuah kepentingan atau tujuan. kemudian, komponen-komponen tersebut tersebut nantinya saling menyusun hingga terbentuklah sebuah sistem politik. ‘Politik’ yang berarti urusan negara dan ‘sistem’ yang berarti komponen-komponen, mendeskripsikan bahwa sistem politik itu mengenai komponen-komponen yang saling berhubungan yang ada di dalam sebuah negara dan memiliki fungsi untuk mencapai tujuan dari negara itu sendiri. Kemudian, komponen-komponen apa yang dimaksud? Perlu diketahui bahwa komponen yang dimaksud bersifat otoritatif dan legitimitas, di mana berarti komponen tersebut harus diakui oleh masyarakat dan hukum untuk memiliki kewenangan. Untuk mempermudah pengertian, politik Indonesia menerapkan tiga badan kekuasaan yaitu legislatif, eksekutif, dan yudikatif. Lembaga-lembaga di dalam badan tersebut saling mengolah, bergantungan, dan mengawasi sehingga terjadilah sebuah output. Output ini adalah hasil dari proses sebuah sistem politik. 

    Setelah mengenal sistem politik, perlu diketahui bahwa terdapat namanya 'Struktur Politik'. Apa itu Struktur Politik? Kelembagaan negara serta kemasyarakatan (seperti kontribusi masyarakat dalam hal pengumutan suara) merupakan sebuah struktur poltik. Sistem Politik inilah yang merupakan mekanisme fungsi dalam struktur politik yang terdiri dari suprastruktur dan infrastruktur politik. Sistem politik  merupakan mekanisme atas fungsi yang tersusun yang berlaku di sebuah negara. Fungsi-fungsi tersebut tersusun atas suprastruktur politik dan infrastruktur politik, di mana keduanya merupakan wujud nyata atas komponen lembaga yang berada dalam proses sistem politik agar terciptanya sebuah output dan tujuan negara.   

    Adanya sistem politik tentunya bertujuan untuk mempermudah sebuah negara dalam mencapai tujuan. Politik memerlukan sistem politik, karena pada dasarnya sebuah politik tidak akan terlaksana tanpa adanya sebuah sistem yang menjalankannya. 


Baca juga: Struktur Politik

___________________

source: 

Budiarjo, M. (1972). Dasar-Dasar Ilmu Politik. Jakarta: Gramedia. 

Dr. Sahya Anggara, M. (2013). Sistem Politik Indonesia. Bandung: Penerbit Pustaka Setia Bandung. 

Komara, E. (2015). Sistem Politik Indonesia Pasca Reformasi. SOSIO DIDAKTIKA: Social Science Education Journal, 117-124. 

Rohaniah, Y., & Efriza. (2015). Pengantar Ilmu Politik . Malang: Intrans Publishing. 

Rohaniah, Y., & Efriza. (2017). Handbook Sistem Politik Indonesia. Intrans Publishing.